Wet Wipes War

Tisu basah adalah salah satu senjata utama saat mengasuh si kecil. Tapi tisu basah ini banyak banget macem dan merknya. Masih bingung tisu mana yang paling cocok buat yang panikan pas ganti popok? Kalau yang murah gitu apa bisa cukup bersih? Ada nggak yang bisa juga dipake sama ibunya buat bersihin muka? Jangan khawatir, kami punya jawabannya.

 

MITU BABY BLUE

Slide5

Random facts, Mitu ini salah satu merk tisu basah paling lawas di Indonesia, lho. Untuk varian ini, meskipun katanya natural fragrance, tapi sebenernya baunya lebih mirip bedak bayi. Jadi kata natural ini mungkin maksudnya bau yang dianggap ‘natural’ pada bayi. Tekstur bahannya lembut banget dan tebal. Sempet iseng ditarik, ternyata bahannya lumayan stretchy. Kelembapannya bertahan agak lama meskipun tisunya sempat ditinggal di tempat terbuka beberapa saat.

Ngebersihin pup dengan cukup efektif, juga ngebersihin noda-noda di atas perlak. Cuma setelah dipake, baunya agak aneh di kulit.

Tutup dari stiker plastik bikin agak akrobat pas pertama kali buka, apalagi kalau pas lagi  sendirian harus ganti popok. Dari beberapa kali pengambilan, nggak ada masalah nyabut dapet lebih dari 1 lembar. Mungkin saya aja yang jago nyabutnya, tapi lipetan tisunya emang selalu keliatan di lubang, jadi nggak susah nyubitnya buat diambil.

Bisa untuk muka, mulut, kaki, dan pantat bayi. Mengandung ekstrak bunga Chrysantemum sebagai anti iritasi dan vitamin E agar kulit bayi tetap lembut. Tapi waktu dipake buat bersihin muka ibunya, hasilnya mengeringkan. Bersih, tapi kering. 

 

CUSSONS BABY PINK

Slide4

Semua varian tisu basah Cussons nggak menyebutkan bau. Di varian pink ini, kebetulan, wanginya wangi bunga. Tapi sebenernya sih lebih mirip bau bedak bayi,  bau paling umum di tisu basah. Tekstur bahannya lembut, tebel, dan sangat basah. Yang nggak suka tangannya pegang yang basah-basah mungkin agak nggak nyaman pakai tisu ini. Tapi karena basah banget, kelembapannya bertahan lama di udara terbuka. Jadi misal lupa nutup lagi, atau tutupnya ilang dikeletek si kecil, tisunya nggak akan serta merta kering.

Dan karena basah banget ini juga, kadang waktu dipake ngelap pup masih ada yang ketinggalan sedikit. Jadi musti diulang beberapa kali sampe bener-bener bersih. Baunya tetep enak di kulit setelah pemakaian.

Tutup dari stiker plastik, seperti kebanyakan tisu basah. Dari beberapa kali pengambilan, agak susah nyabut tisunya. Mungkin karena yang nongol di lubangnya ujung, bukan lipetan tisu, jadi kadang susah dicubit karena tipis.

Menurut kemasannya, bisa untuk muka, mulut, kaki, pantat bayi, dan muka ibu. Mengandung minyak almon untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Pas dicoba, ternyata emang sangat lembut dan melembabkan kulit muka. Bisalah dipake buat bersihin muka ibunya di saat darurat.

 

PIGEON

Slide6

Mau dibilang nggak ada baunya, tapi ada. Dibilang ada baunya, tapi nggak signifikan. Yang jelas ada baunya sedikit, dan nggak mengganggu. Jadi, kalo nyari tisu basah yang nggak ada baunya, yang ini bisa jadi pilihan. Teksturnya lebih kasar dari tisu basah pada umumnya. Lebih tipis dan nggak terlalu stretchy. Nggak terlalu lembap juga, yang sayangnya bikin cepet kering ketika ditinggal di udara terbuka.

Paling efisien bersihin pup karena nggak terlalu lembut dan basah. Jadi bahannya enak aja ‘nggaruk’ pup dari pantat bayi. Tapi kulitnya tetep halus dan nggak iritasi, kok. Dan setelah dibersihin, basahnya nggak lama. Persoalannya Cuma karena tisunya tipis, jadi perlu ngambil lebih dari satu lembar supaya tangan yang ngebersihin nggak kena pup juga. Nggak ada bau lain nempel di kulit setelah pemakaian.

Varian tisu basah ini kemasannya disertai tutup plastik yang gampang banget dibuka. Tinggal ditarik pake jempol, tutupnya langsung kebuka. Pas pemakaian pertama emang perlu nyubit tisunya dulu dari dalem kantong, tapi berikutnya tinggal cabut aja, nggak pake nyubit-nyubit. Pas banget buat yang gampang panik pas ganti popok. Cuma nutupnya nggak segampang bukanya. Karena tisunya udah nongol, jadi kadang kudu dirapiin dulu sebelum bisa ditutup dengan sempurna.

Bisa digunakan di setiap bagian kulit bayi, bahkan di muka, menurut kemasannya. Dites secara mikrobiologi agar terjaga kebersihan dan kualitasnya. Tapi apakah bisa dipakai untuk membersihkan yang lain selain kulit bayi? Di kulit muka ibu misalnya? Bisa. Tapi hasilnya biasa aja.

 

MAMY POKO

Slide3

Dari semua tisu basah yang ngaku nggak ada baunya, yang ini bener-bener nggak ada baunya. Yang nggak suka bau-bauan mungkin akan cocok pakai tisu basah ini. Bahannya lembut, cukup tebal, dan stretchy. Kelembapannya standar tisu basah dan masih tetep cukup basah setelah di udara terbuka beberapa saat.

Tisu basah ini nggak memamerkan fitur lain selain sebagai tisu ganti popok. Dan pas dicoba, emang dia mewakili fungsi tisu ganti popok ini dengan baik. Bersih. Nggak lembap. Tanpa bau.

Beda dengan kemasan tisu lainnya, tutup tisu basah ini bukaannya ada di sebelah kiri. Jadi lebih gampang sih bukanya, untuk yang nggak kidal, karena jempolnya bisa langsung megang stiker bukaannya. Selain itu, ukurannya lubangnya cukup besar. Jadi emang lebih gampang buat nyubit tisunya, meskipun tetep kadang yang ketarik dua lembar, bukan satu lembar.

Bisa digunakan di tempat lain selain pantat bayi? Tentu bisa, ya. Tapi di muka ibu? Bisa aja. Efeknya? Kering seketika. Namanya juga tisu buat ganti popok, bukan buat ganti muka, kan.

 

Leave a Reply