Mandiri berawal dari Tanggung Jawab di Rumah Sendiri

1

Memberikan kewajiban pada anak untuk mengurus hal-hal sederhana di rumah itu penting. Dimulai dari tugas-tugas yang menyangkut dirinya sendiri, baru beranjak ke tugas-tugas yang membantu anggota keluarga lain.

2

Pada akhirnya, semua orang harus mandiri, mampu mengurus dirinya sendiri dan membantu orang lain. Jadi, punya kewajiban di rumah adalah salah satu langkah awal yang baik untuk membantu anak-anak tumbuh mandiri.

3

Tugas yang diberikan tidak perlu ekstrim seperti mengepel dan menyapu. Paling tepat jika disesuaikan dengan kemampuan anak.

4

Mulai saja dari kegiatan anak sendiri. Mau mandi? Ambil handuk sendiri, lalu jemur lagi sendiri. Selesai makan, ya cuci piring. Pulang sekolah, ya sepatu langsung diletakkan di rak sepatu.

5

Dampak yang paling jelas dari memberikan kewajiban rumah pada anak adalah kemandirian. Dampak lain, yang juga penting, adalah kesadaran bahwa tugas sederhananya bisa mengurangi beban orang lain.

6

Kurang mandiri bisa mengurangi rasa percaya diri. Karena selalu dibantu, anak cenderung ‘merasa’ selalu butuh orang lain.

7

Jika anak tidak percaya diri, bagaimana dia bisa yakin bahwa dia punya kemampuan untuk berperan lebih dan membantu orang lain?

8

Jika anak tidak menjalankan kewajibannya, ingatkan dia dengan baik. Kadang muncul rasa malas. Itu wajar. Kita juga kadang mengalaminya.

9 

Jika malas berulang kali dan anak menolak melakukan kewajibannya, kita ajak bicara. Kenapa kok belakangan ini jadi malas?

10

Bisa jadi mungkin sebenarnya bukan malas. Bisa jadi ada hambatan dalam mengerjakan tugasnya dan tidak semua anak terbuka soal ini. Misalnya, ternyata tidak mau mencuci piring karena geli melihat spons-nya. Atau tidak mau mengajak anjing jalan-jalan karena sudah tidak kuat menahan tarikannya.

11

Dengan membahas, orangtua jadi tahu. Anak juga bisa melihat bahwa kesulitannya didengarkan dan dicarikan jalan keluarnya. Anak setelah itu menjadi lebih berani berbicara.

12

Penting juga untuk memberikan contoh ke anak. Jika anak diberi tugas tapi kita sendiri masih menyuruh-nyuruh ART, bisa-bisa usaha kita memandirikan anak gagal total.

13

Kerjakan tugas bersama-sama agar anak dan orangtua bisa saling mengenal diri sendiri dan orang lain.

 

Leave a Reply