The Battle of Jus Jambu

Tentunya bukan karena kurang kerjaan, sih, kenapa kami menghadirkan artikel review semacam ini. Haha. Pertama, OK mari mengakui, setelah begitu banyak topik parenting yang dihadirkan di web ini, pengen juga ada bahasan yang nggak terlalu serius, tapi penting dan manis. :p Ya, karena, kan, yang manis itu bikin gembira, dan parenting perlu dilakukan dengan gembira, ada setuju? :))

Sebelum jus jambu ini, kami sudah pernah mempertandingkan produk tissue basah, lho. Ini tautannya.

Anyway, here it is the battle of jus jambu: ada 5 pilihan merek yang kami pilih, terutama karena bisa didapatkan dengan mudah dan murah di minimarket terdekat, hiburan nggak harus fancy, kan, ya. Kenapa jus jambu? Honestly, less guilty. Jus jambu nggak semanis jus buah rasa lain. Rasanya pun menyenangkan, bisa dikonsumsi si kecil.

Tapi bagaimanapun juga, jus jambu yang terbaik adalah yang fresh langsung dari buahnya, dong. Jenis jambu biji ini bisa dibeli di pasar atau supermarket, dan bahkan nggak jarang, di depan mini market ada juga yang jualan jus segar, bisa tanpa gula atau lebih sedikit gula. Harganya mungkin lebih mahal sedikit, tapi lebih worth it, kan.

Dan tentunya semua lebih nikmat disantap selagi dingin dan boleh juga buat kita sambil angkat kaki setelah anak-anak tidur pulas :))

BUAVITA GUAVA

Buavita mungkin adalah merk paling pasaran soal jus di Indonesia. Dari saya jaman TK juga udah ada ya jus Buavita ini. Meskipun nggak inget gimana rasanya waktu saya masih kecil, tapi rasa jus Buavita jambu sekarang ini ya mirip jambu. If you take a blind test, this one is unmistakably guava.

Slide1

Jusnya kental dengan sisa sedikit kasap di lidah. Nyaris kayak ada daging buah jambunya. Menurut kemasannya, memang katanya dibuat dari buah jambu, ditambah perisa, dan pewarna. Bagian yang paling menakjubkan adalah jus ini konon mengandung 115% AKG vitamin C. Itu lebih dari kebutuhan satu hari manusia dewasa. Ini sebenernya nggak berguna amat sih, karena kalau tubuh kita sehat dan kelebihan vitamin C, ya bakal dibuang aja lewar air seni.

Selain vitamin C, jus ini juga mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, dan serat pangan sebesar 2gr (sekitar 7% dari AKG). Kemasannya dari kotak tetra yang tidak perlu disimpan di dalam lemari es selama belum dibuka. Selain itu, karena melalui proses UHT, di kemasannya memang tidak tercantum adanya pengawet selain pengatur keasaman. Kekurangannya ya, sekali ditusuk sedotannya nggak bisa ditutup lagi aja. Punya keluhan, ide, atau saran untuk kemasan tetra yang bisa ditutup ulang? Hubungi Suara Konsumen bebas pulsa yang ada di kotaknya.

JUNGLE JUICE

Kenapa namanya Jungle Juice? Apakah ini jus dari hutan? Kalau diliat dari lambangnya sih harusnya ini jus dari padang rumput, karena singa, lambangnya Jungle Juice, hidup di padang rumput. Emang nggak nyambung sama pohon jambu atau pohon buah-buahan lainnya.

Slide2

Jadi, mungkin karena bukan habitat alami pohon jambu, rasa jusnya juga nggak terlalu mirip jambu. Buah pohon jambu biji di rumah rasanya nggak kayak gini. Padahal menurut kemasannya, jus ini dibuat dari konsentrat jambu. Baunya memang jambu, tapi rasanya lebih menjurus ke asam manis. Mungkin konsentratnya dibuat dari jambu muda atau anak jambu. Konsistensinya kental dan bersih tanpa rasa kasap di lidah.

Kemasan botol 200ml ini kecil dan bisa dipegang si kecil dengan mudah. Selain itu, karena kemasannya botol, bisa ditutup lagi jika tidak habis dalam sekali minum dan langsung masuk ke dalam tas. Tanpa tumpah. Asal nutupnya bener, ya.

Jus ini tidak mencantumkan informasi nilai gizi, jadi kita nggak tahu berapa kadar gula dalam satu kali sajiannya. Tapi Jungle Juice memberi tahu bahwa selain konsentrat jambu, jus ini juga mengandung perisa jambu dan pengawet. Buat yang penasaran soal informasi nilai gizinya, ada nomor layanan konsumen di kemasannya. Bebas pulsa, kok.

ORIGINAL LOVE JUICE

Yang menarik dari produk jus ini adalah botolnya yang langsing dan tinggi. Di tangan juga rasanya nggak lagi bawa barbel setengah kilo. Tapi mungkin ukuran 300ml ini kebanyakan buat anak kecil, ya. Anak saya sih maksimal cuma bisa ngabisin minuman kemasan 200ml lebih sedikit. Tapi kalo si kecil kebetulan suka banget minum jus, mungkin ukuran 300ml cocok buat dia.

Slide3

Rasanya asam dan baunya seperti manisan jambu. Original Love Juice ini dibuat dari pure jambu sebanyak 11%, mengandung perisa jambu, pengawet, dan pewarna. Jadi, bagian yang original dari Original Love Juice ini cuma 11% sebenernya. Atau mungkin maksudnya yang original adalah ‘love’-nya, bukan jusnya?

So what’s to love about this Original Love Juice? Jus ini mengandung 100% AKG Vitamin C. Artinya, minum 1 botol 200ml jus ini sudah mencukupi kebutuhan vitamin C satu hari. Menurut DepKes, itu kira-kira 40-75gr untuk bayi dan anak, atau 90gr untuk orang dewasa. Pas untuk yang nggak pengen pusing mikir soal asupan vitamin C tiap hari. Selain itu, kemasan botolnya emang bikin lebih gampang buat dikonsumsi sepanjang hari. Tinggal tutup lagi dan untuk diminum nanti. Perlu tahu berapa lama jus ini bisa dikonsumsi sejak dibuka? Silahkan kunjungi situs web yang tertulis di kemasannya. Soalnya, di botolnya nggak tercantum nomor layanan untuk konsumen.

ABC JAMBU

Entah kenapa, kalau saya lihat merk ABC, saya ingatnya kecap. Tapi untungnya, ABC Jambu ini rasanya persis jambu, nggak persis kecap. Enak pula, sih. Jus yang ini juga rasanya jambu banget. Jusnya kental tapi konsistensinya lebih mirip sirup dibanding jus buah. Jadi, kalo kebetulan suka minum sirup-sirup tanpa ampas gitu, jus ini lebih pas kali, ya.

Slide4

Menurut kemasannya, jus ini mengandung sari jambu sebanyak 27%. Lumayan banyak, ya. Meskipun kalo kita bikin jus jambu sendiri pasti jambunya lebih banyak dari itu.100% AKG vitamin C, dan perisa. Dikemas dengan kotak tetra, jadi juga melalui proses UHT. Bisa disimpan di luar lemari pendingin selama belum dibuka.

Selain itu, fitur yang cukup menarik adalah di bagian atas kotaknya ada tulisan jenis jusnya. Misalnya, kotak jus jambu, di bagian atasnya ada tulisan ‘guava’. Buat ibu-ibu yang suka nyimpen barang di dalam dus atau disusun di bagian bawah lemari, fitur ini berguna banget pas nyari jus di dus penyimpanan, tinggal ditengok atasnya aja, nggak usah pake bongkar.

Punya keluhan atau pertanyaan soal jus ini? Jangan khawatir, ada nomor layanan bebas pulsa ABC Care yang bisa dihubungi di kotaknya.

NUTRISARI FRUT’ EN VEG

Jadi, tahukah Anda bahwa brokoli berevolusi dari tanaman kubis dari benua Eropa? Menurut kemasan jus ini sih begitu. Lalu apa hubungannya brokoli sama jus jambu? Sebenarnya, ini bukan jus jambu. Ini jus buah dan sayur, salah satunya brokoli, yang mengandung jambu. Jadi tentu saja rasanya nggak kayak jambu. Lebih mirip ke jus jeruk, karena mungkin jumlah jus jeruknya lebih banyak dari jambunya. Tapi semoga masih bisa memberi manfaat jambu.

Slide5

Jusnya sangat encer dan asam. Jika si kecil tidak suka asam, lebih baik tidak mengkonsumsi jus ini ya. Asamnya banget.

Jus ini dibuat dari aneka konsentrat serta serbuk aneka buah dan sayuran, perisa, dan pewarna. Seperti kebanyakan jus lainnya, jus ini juga mengandung 100% AKG vitamin C. Itu aja? Nggak juga, sih. Ada vitamin A, B1, B3, B6, E, asam folat, dan serat pangan 3gr (12% AKG). Perlu informasi lebih lanjut soal produk yang ini? Ada nomor layanan konsumen bebas pulsa yang bisa dihubungi pada kemasannya.

Oiya, sejak dini ajak anak rajin melihat label nutrition yang ada di tiap kemasan makanan atau minuman. Beri tahu anak apa artinya tiap variabel dan bagaimana efeknya ke kesehatan kita. Bisa dilihat di sini tipsnya.

Selamat minum jus!

Leave a Reply