React, Vue atau Angular, framework mana yang akan kamu pilih di tahun 2019?

React, vue dan angular adalah framework JavaScript yang populer untuk saat ini di dunia Web developer. Untuk menentukan pilihan framework mana yang akan kamu pilih untuk memulai suatu project web app yang berkaitan dengan javascript, saya akan kumpulkan beberapa data untuk dijadikan komparasi antara react, vue dan angular.

Sumber : stateofjs

Bisa dilihat dari data diatas yang telah dirangkum oleh web stateofjs.com pada tahun 2018 secara keseluruhan dimenangkan oleh React lalu diikuti oleh Vue dan Angular. Selain itu stateofjs merangkum tingkat kepuasan para developer pada bagan ini untuk menunjukkan rasio kepuasan masing-masing teknologi dari total penggunaannya.

React atau vue?

Semua itu tergantung pilihan developer karna keduanya memiliki tujuan yang sama tetapi menggunakan cara yang berbeda. Semua itu kembali lagi kepada kebutuhan proses development dan persyaratan seperti pembuatan aplikasi web, aplikasi satu halaman, dan komponen antarmuka pengguna.

Berikut adalah tabel perbandingan yang mempertimbangkan berbagai faktor untuk memilih ReactJS atau Vue.js:

Singkatnya, baik VueJS dan ReactJS keduanya adalah alat yang ampuh untuk membuat solusi web yang kompleks karena mereka dapat memberi Developer sejumlah besar cara untuk merasa nyaman dalam tugas apa pun.

Kesimpulan

Jika dari score yang sudah ditentukan oleh web stateofjs, React lah pemenangnya untuk sepanjang tahun 2018 semua itu kembali lagi karna ReactJS memiliki jumlah komunitas yang sangat besar dan di balik itu ReactJS di develop oleh perusahaan besar yaitu facebook yang juga menggunakan React untuk produk mereka seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp.

Leave a Reply