Pengenalan Flutter.io Bagi Developer React

Flutter adalah SDK untuk pengembangan aplikasi mobile yang dikembangkan oleh Google. Sama seperti react nativeframework ini dapat digunakan untuk membuat atau mengembangkan aplikasi mobile yang dapat berjalan pada device iOS dan Android. Dibuat menggunakan bahasa C, C++, Dart and Skia membuat Flutter ini menjadi salah satu framework yang sangat menarik dan worth untuk kita pelajari. Hal yang menarik pada framework ini adalah semua kodenya di compile dalam kode native nya (Android NDK, LLVM, AOT-compiled) tanpa ada intrepeter pada prosesnya sehingga proses compile-nya menjadi lebih cepat. Dari segi penulisan kodenya, Flutter ini sangat berbeda dari react native dan lebih cenderung mendekati Java Android jadi untuk developer react native agak sedikit kesulitan untuk memahami kode pada Flutter ini.

Instalasi

Untuk instalasi pada artikel kali ini saya menggunakan device Mac jadi untuk windows dan Linux dapat mengikuti pada docs Flutter disini.

  • Download SDK Flutter (pilih yang beta) disini
  • Kemudian extract SDK yang sudah di download tadi. SDK yang saya download versi 0.3.2-beta
  • Tambahkan pathflutter di terminal dengan command ini
    export PATH=[PATH_TO_FLUTTER_GIT_DIRECTORY]/flutter/bin:$PATH
  • Jalankan flutter doctor pada terminal untuk mengecek dependency. flutter doctor akan menampilkan depencency yang diperlukan dan langkah-langkah untuk menambahkan depencency tersebut.
Image for post

Apabila semua dependency yang diperlukan sudah ada maka sudah dapat membuat project Flutter ini.

Create New Project

Pada artikel kali ini saya menggunakan VS Code untuk membuat aplikasi sederhana menggunakan Flutter. Tambahkan plugin dart pada VS Code terlebih dahulu.

Untuk membuat project baru pada VS Code klik View > Command Pallete dan ketik Flutter pilih new project.

Image for post

Tuliskan nama project dan tunggu sampai proses nya selesai.

Pada project yang sudah kita buat akan ada folder libuntuk menuliskan kode program kita dalam ekstensi .dartdan file pubspec.yaml untuk menambahkan library. Klik Debug > Start Debugging pada menu VS Code untuk menjalankan kode program kita. Pastikan ada emulator yang sudah berjalan atau device yang sudah pada mode debug yang terhubung. Setelah prosesnya selesai maka akan terlihat tampilan seperti ini pada emulator / device kita.

Image for post

Leave a Reply