Mengasuh Anak Usia 2-8 Tahun bagi Pengasuh Anak Profesional

Pengasuh ada profesi penting terutama di wilayah perkotaan, di mana para orangtua bekerja di luar rumah dan membutuhkan bantuan untuk menjaga anak yang ditinggalkan di rumah. Maka pengasuh menggantikan peran orangtua untuk sementara waktu, dan perannya sangat besar dalam tumbuh kembang anak.

Mengasuh anak usia 2 – 8 tahun tentu membutuhkan keterampilan khusus. Apa saja yang perlu diperhatikan? Bagaimana tanggapan tepat saat menghadapi situasi sulit dalam mengasuh? Apa saja yang perlu dikomunikasikan dengan orangtua anak yang diasuh?

Program ini dirancang untuk menjawab pertanyaan dan tantangan serta memenuhi kebutuhan dalam mengasuh anak usia 2 – 8 tahun khusus pengasuh anak dengan bimbinga para fasilitator yang berpengalaman dari Yayasan Rangkul Keluarga Kita Berdaya.

Materi program ini mengupas praktik baik pengasuhan yang mencakup manajemen diri pengasuh, berkomunikasi efektif, mengelola emosi dan perilaku anak, menumbuhkan kemandirian anak, kegiatan asyik main bersama anak, tantangan saat mengasuh yang dilengkapi dengan cara menghadapinya, dan hal-hal yang perlu dikomunkasikan dengan orangtua anak yang diasuh.

Tujuan Pembelajaran dari program ini adalah:

  1. Mengamati dan memantau perilaku dan kegiatan anak sesuai dengan perkembangannya
  2. Mendisiplinkan dan mengelola perilaku anak
  3. Memahami cara membantu menyiapkan kebutuhan anak dalam keseharian
  4. Mendampingi anak mandiri mandi, berpakaian, makan, dan tidur
  5. Mengantar dan menjemput anak dari sekolah atau tempat lainnya
  6. Mendampingi anak bermain dan berkegiatan dengan aman serta menyenangkan
  7. Mengomunikasikan perkembangan anak pada orangtuanya

Program berlangsung selama 13 jam, dapat diikuti secara daring dan disertai dengan sesi LIVE tanya jawab dengan fasilitator. Peserta akan mendapatkan materi yang dikemas secara terstruktur, reflektif, praktis, dan menyenangkan.

Program ini dapat diikuti siapa saja oleh para pemegang kartu prakerja. Untuk mengakses program ini, silakan menuju tautan berikut ini:

Leave a Reply