E-Waste: Let’s Take Action

Bermula dari tugas akhir sekolah dan atas saran kakeknya, Muhammad Rafa Ibnusina Jafar atau yang akrab disapa RJ menuliskannya menjadi sebuah buku yang masuk dalam kategori sains ini. Tugas akhir sekolah yang dikerjakan sewaktu RJ Kelas 5 SD ini mula-mula berupa observasi tentang gaya hidup masa kini yang tak bisa lepas dari alat-alat elektronik. Sebut saja ponsel, tablet, laptop, hingga aksesorisnya. Dari hasil observasi ini ternyata setiap orang minimal memiliki 2 gadget, belum lagi aksesorisnya yang lebih sering berganti, seperti baterai ataupun charger.

Seiring semakin cepatnya perkembangan teknologi, membuat masa pakai sebuah alat elektronik semakin singkat. Ponsel yang tadinya baru berganti model setelah lebih dari satu tahun, namun kini belum satu tahun sudah muncul ponsel dengan fitur terkini. Bayangkan betapa banyak sampah elektronik yang telah kita hasilkan? Lalu ke manakah sampah-sampah ini berujung? Dengan kandungan racun dan logam yang dapat membahayakan makhluk hidup, tentunya sampah elektronik ini tidak bisa dibuang sembarangan.

Dalam buku E-Waste: Sampah Elektronik ini, RJ ingin menumbuhkan kesadaran tentang pertumbuhan jumlah sampah elektronik dan pengaruhnya terhadap lingkungan. Buku yang dibagi menjadi 3 bab ini (Let’s Learn the Basic, Let’s Find Out, dan Let’s Take Action) juga menjelaskan bagaimana RJ menawarkan solusi pengelolaan sampah elektronik ini, antara lain dengan didaur ulang. Namun, mendaur ulang e-waste ini harus tepat dan harus memiliki izin dari Pemerintah. Karena itu, RJ mengajak pembaca mengumpulkan barang-barang elektronik yang sudah tak terpakai lagi untuk kemudian dikirim ke pengelola e-waste melalui Program Drop Box.

Dengan gaya bertutur khas anak-anak, buku ini sangat mudah dicerna dan cocok dibaca untuk anak-anak berusia minimal 9 tahun. Ditambah dengan berbagai ilustrasi menarik, semakin mudah mengenalkan anak akan sains dan pengaruhnya dalam kehidupan. RJ yang suka sekali dengan kegiatan outdoor berharap buku ini juga dapat menginspirasi rekan-rekan sebayanya untuk menulis, bahkan hanya dimulai dari tugas sekolah.

Judul: E-Waste: Sampah Elektronik
Penulis: Rafa Jafar
Jumlah halaman: 84
ISBN: 9786027652682
Penerbit: Buah Hati

Leave a Reply