Tahapan Pengenalan Puasa untuk Anak

7

Bagaimana dengan puasa anak usia 7-9 tahun?

– Perkenalkan puasa secara lebih detil, seperti hukum-hukumnya, apa saja yang membatalkan puasa, dan lain lain. – Ajak anak untuk lebih bertanggung jawab terhadap kewajibannya.

– Bulan Ramadhan merupakan waktu yang sangat tepat untuk melatih diri dengan berbagai kebiasaan baik. Bantu anak untuk membuat target ramadhan dan berkomitmen untuk menjalankannya.

8

Saat anak berhasil puasa, meski belum penuh, apresiasi keberhasilan anak dengan menekankan pada usahanya: menahan lapar dan haus, menahan marah dan tidak berebut mainan, dst.

Jika anak menolak puasa dan dalam usia sebelum baligh, hindari memaksakan suatu ibadah pada anak. Gunakan cara yang lebih persuasif.

10 

Ketahui alasan mengapa ia menolak untuk berpuasa dan carilah strategi untuk mengatasi alasan tersebut. Mulai dengan yang mampu dilakukan anak.

11

Kesan positif yang muncul dari pengalaman beribadah insya Allah akan memotivasi anak untuk kembali menjalankannya. Jelaskan kembali tujuan dan hikmah dari ibadah puasa.

12 

Ingatkan anak akan berlimpahnya nikmat yang telah Allah berikan, dan arahkan bahwa berpuasa merupakan salah satu cara kita bersyukur kepada Allah.

Leave a Reply