6 Tahap Anak Belajar Membaca

Berikut ini adalah tahapan anak belajar membaca. Orangtua perlu memfasilitasi dengan tepat pada tiap tahapnya dengan cara sensitif terhadap minat dan kebutuhan anak, karena setiap anak memiliki tahap yang berbeda walau berada dalam usia yang sama.

1. Preconventional

Pada tahap ini bayi dan anak di bawah usia 2 (dua) tahun terlihat suka memegang, menggigit dan membawa buku, menyentuh gambar, menunjuk objek dan membalik buku dengan bantuan.

2. Early emergent

Anak mulai menunjukkan ketertarikan pada buku dan menyadari bahwa buku memiliki cerita.  Anak juga suka mendengar cerita dan mulai memilih cerita tertentu untuk dibacakan.

3. Emergent literacy

Anak mulai membaca beberapa kata, menulis huruf dan memahami bahwa gambar mempunyai makna. Anak juga mulai menyadari ada hubungan antara bahasa yang diucapkan dan yang dituliskan.

4. Developing literacy

Anak mulai melakukan decoding, yaitu menghubungkan bunyi huruf yang sudah diketahui dengan kata yang tertulis.  Anak juga sudah memahami cerita yang bergambar dan dapat menggabungkan beberapa kata menjadi sebuah kalimat.

5. Independent literacy

Anak mulai tertarik membaca dan mencari informasi. Di tahap ini anak juga mulai merasakan pengalaman baru melalui buku yang dibacanya.

6. Expanding literacy

Anak membaca untuk mendapatkan informasi dan berpikir kritis atas apa yang dibacanya. Anak dapat menganalisa, menimbang dan menilai isi bacaan.

Leave a Reply