6 Hak Orangtua dalam Penggunaan Media Digital pada Anak

Bersama anak membuat aturan, batasan dan kesepakatan yang jelas

Orangtua berhak bersama anak membuat aturan, batasan dan kesepakatan mengenai hal-hal apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan. Misalnya anak boleh belajar menggunakan internet namun tidak boleh memiliki akun sosial media sebelum berusia 13 tahun. Sebaiknya beberapa kesepakatan tertentu juga berlaku untuk orangtua, misalnya tidak menggunakan gagdet saat makan bersama, dll.

Alat untuk menunjang dan mempermudah komunikasi.   

Salah satu tujuan anak mendapatkan gadget sebagai sarana untuk menunjang komunikasi.  Berikan pemahaman pada anak bahwa pemberian gadget ini hendaknya digunakan sesuai dengan fungsinya. Bagi anak yang sudah besar dan mendapat kepercayaan untuk memiliki gadget, maka fungsi komunikasi ini perlu berjalan dengan baik. Misalnya: Orangtua mengirim SMS, anak wajib merespon dan juga sebaliknya. Apabila fungsi ini tidak berjalan maka perlu meninjau lagi kesepakatan dan konsekuensi yang telah ditetapkan.

Keselamatan, keamanan dan integritas

Orang tua hendaknya mengajarkan anak untuk melindungi diri mereka dari bahaya internet, misalnya tidak menerima dan memberikan respon terhadap orang yang anak tidak kenal sebelumnya, jangan pernah bertemu langsung dengan orang yang anak baru kenal di sosial media dan tidak sembarangan memberikan informasi pribadi seperti nomer telpon, alamat, email dan password.

Melakukan pengawasan secara regular

Dengan melakukan pengawasan, orang tua mengurangi resiko bahaya digital pada anak.  Selain memasang parental lock, pengawasan dapat dilakukan dengan cara mendampingi anak ketika menggunakan internet dan meletakkan komputer di ruang keluarga.

Technology manners; yaitu aturan tata krama yang harus dilakukan ketika kita menggunakan gadget.  

Orangtua berhak mengajarkan anak untuk menggunakan bahasa yang baik dan sopan ketika menggunakan email, sms dan memberikan komentar.

 Memiliki hubungan yang baik dan menjadi panutan bagi anak.

Hubungan yang baik dan kuat antara oangtua dan anak adalah kunci keberhasilan disiplin dalam segala hal. Apabila anak nyaman dengan orang tua,  anak akan menjadikan orang tua sebagai panutan.