6 Strategi Disiplin Penggunaan Media Digital untuk Anak

“4 dari 10 orangtua mengawasi ketat penggunaan internet anak di rumah. 4 lainnya mengawasi dari “jauh” dan sisanya memberikan kebebasan pada anak”.

Internet memberikan kesempatan pada anak untuk belajar, bereksplorasi dan bersosialisasi.  Sebagai orangtua, dengan mengetahui resiko penggunaan internet, maka kita perlu mengedukasi dan memberdayakan anak untuk melindung dirinya dengan cara menjalani kesepakatan yang telah dibuat. Hal-hal yang perlu dilakukan orangtua bersama anak dalam penerapan disiplin:

Membuat batasan waktu

Penggunaan internet dan sosial media hendaknya dibatasi.  Pembatasan waktu ini bertujuan untuk mencegah dari adiksi dan menjaga anak agar dapat menggunakan internet secara sehat.  Diskusikan dan libatkan anak dalam menentukan waktu dan aturan penggunaan internet.  Hal ini membantu anak untuk membangun rasa tanggung jawab dan berani terbuka.

Terlibat; tidak lepas tangan dalam penggunaan media digital

Orangtua hendaknya membekali diri dengan informasi perkembangan teknologi dan digital, sehingga  dapat memahami masalah dan berdiskusi dengan anak.  Luangkan waktu bersama dan terapkan bagaimana cara menggunakan internet sehat, aturan menggunakan media sosial, memilih teman yang dapat di “accept ” dan di “ignore” dalam media sosial dan sebagainya. Internet membuka kesempatan untuk berinteraksi dengan siapa pun.  Keamanan virtual sama pentingnya dengan keamanan di dunia nyata.

Mengobservasi perilaku atau mencegah adiksi 

Ketika anak tidak memiliki aturan dan batasan waktu, anak beresiko adiksi terhadap penggunaan internet dan gadget.  Waspadai waktu bermain anak dan pastikan anak mematuhi kesepakatan yang telah dibuat bersama. Observasi anak dan sensitif serta kenali perubahan perilaku dan tetap tenang dalam menyikapinya.

Melakukan refleksi bersama

Berkomunikasi adalah kunci melindungi anak dari bahaya dunia digital.  Tumbuhkan rasa percaya anak pada orangtua dengan melakukan teknik berkomunikasi yang tepat yaitu mau mendengarkan dan tidak menyalahkan.  Ketika anak percaya pada orangtua, maka akan lebih mudah melakukan refleksi bersama.

Konsisten dan disiplin 

Kesepakatan dan aturan yang dibuat bersama dengan anak, harus dijalankan secara konsisten oleh orangtua.  Anak tidak akan mudah melanggar aturan,  apabila orang tua menegakkan disiplin dan menjalankan konsekuensi dari aturan yang dilanggar.

Keseimbangan dan eksplorasi minat 

Keberadaan internet dan gadget sangatlah mendominasi hidup kita.  Begitu banyak kemudahan dan manfaat dari teknologi ini.  Orangtua hendaknya menumbuhkan pola hidup seimbang pada anak, yaitu dengan istirahat yang cukup, diet yang sehat, olahraga dan bermain di luar rumah. Dukunglah minat anak terhadap hal-hal positif untuk tidak menghabiskan sebagian besar waktu bermain dengan menggunakan media digital.