Perah Ayah & Keluarga Besar dalam Perkembangan Bicara Anak Usia Dini

Perah Ayah & Keluarga Besar dalam Perkembangan Bicara Anak Usia Dinifeatured

Dalam membantu perkembangan bahasa dan bicara anak usia dini, ayah, pengasuh dan anggota keluarga lainnya memiliki peran yang sama pentingnya dengan ibu. Banyak melakukan kegiatan yang melibatkan interaksi dan komunikasi seperti bermain, bernyanyi dan membaca buku bersama, terbukti dapat menstimulasi bicara anak dengan lebih baik.  Namun di bawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang-orang di sekitar anak untuk menunjang kelancaran bicaranya:

1.      Menjalin kerjasama yang baik

Orang dewasa yang berada di sekitar anak dan berinteraksi secara rutin tentunya mengetahui tahap perkembangan bicara anak. Saling memberi tahu apabila ada perkembangan atau informasi baru yang perlu ditindaklanjuti.

2.       Konsisten

Misalnya meski orangtua tidak ada, kesepakatan penggunaan gadget dan menonton TV tetap dilaksanakan.  Perhatian anak akan mudah teralihkan dari TV/gadget bila diajak melakukan kegiatan yang menyenangkan.

3.       Menghindari baby talk, gunakan bahasa yang benar. 

Karena sayang dan gemas tak jarang orang dewasa berbicara dengan nada cadel. Hal ini mungkin terdengar lucu, namun tidak akan membuat anak bicara lebih baik.

4.      Kegiatan sehari-hari sebagai media belajar anak. 

Lakukan kegiatan yang bisa dijadikan media belajar bahasa bersama anak. Misalnya: main lego sama paman, bernyanyi saat mandi dengan kakek nenek atau diajak bicara saat makan dengan pengasuh.

 

About the author

Keluarga Kita

Semoga kami bisa menjadi teman seperjalanan yang asik untuk para orangtua. Silakan berkeliling, selamat membaca :)

Add comment