Ide-Ide Belajar Membaca untuk Anak yang Dapat Dilakukan Sehari-Hari

Ide-Ide Belajar Membaca untuk Anak yang Dapat Dilakukan Sehari-Harifeatured

Banyak cara untuk membantu anak bisa membaca, bukan sekadar bisa membunyikan huruf menjadi kata dan kalimat, tapi juga beinteraksi dengan bacaannya dan mencintai kegiatan membaca. Berikut ini ide-ide yang dapat dilakukan sehari-hari, dan dapat terus dilakukan walau anak sudah lancar membaca.

1. Membacakan buku yang berisikan repetisi atau pengulangan dan memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

baca-buku-web

Yang dibutuhkan:

Contoh buku: “Brown bear, Brown bear, What do you see?”.

Nama pengarang: Bill Martin, jr.

Yang dilakukan:

1.      Orang tua dapat mempersiapkan dan menggunakan boneka tangan atau gambar beruang cokelat sebagai alat bantu bercerita.

2.      Orang tua membacakan cerita dengan pelan, tersenyum, memperhatikan intonasi suara dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita.  Misalnya “Apakah kamu tahu ini binatang apa?”, “Bagaimana suaranya?”, “Apa yang akan terjadi selanjutnya?”

3.      Ajak anak untuk ikut bertanya “Brown bear, brown bear, what do you see?” atau melanjutkan kalimat dari “Yellow duck, yellow duck, ……?”, agar anak merasa menjadi bagian dari cerita.  Tunjukkan penghargaan ketika anak menunjukkan antusiasnya.

4.      Dukung anak untuk pura-pura lancar membaca, terutama pada buku yang berisi repetisi atau pengulangan.  Berpura-pura bisa baca merupakan gambaran rasa percaya diri anak merupakan langkah penting dalam proses anak belajar membaca.

2. Memiliki jadwal rutin untuk pergi ke toko buku setiap 1x/2 minggu untuk memberi kesempatan pada anak memilih dan membeli buku yang disukainya.  

Sebelum membeli buku orang tua dapat membantu memberi saran atau mengenalkan buku-buku baru yang menarik dan sesuai dengan kemampuan baca anak.

intip-rak-web

Yang dilakukan:

1.      Mencari info sebanyak-banyaknya mengenai review buku yang bagus untuk anak

2.      Mengunjungi perpustakaan dan minta bantuan petugas perpustakaan untuk membantu anda dan anak mencari buku yang tepat.

3.      Temani dan ajarkan anak untuk mencari rak buku yang tepat dan sesuai dengan buku yang ia cari.

3. Mendengarkan anak membacakan buku cerita sama pentingnya dengan kita membacakan cerita kepadanya.  Anak senang apabila kita menghargai usaha dan keberhasilannya.

baca-bersama-web

Yang dibutuhkan : Buku-buku cerita yang sesuai dengan level membaca anak

Yang dilakukan:

1.      Orang tua mendengarkan dengan baik ketika anak sedang membacakan bukunya

2.      Bergantian membaca paragraf dalam buku tersebut, agar anak pun belajar dari orang tua bagaimana membaca yang benar.

3.      Mengoreksi bacaan anak dengan cara yang menyenangkan

About the author

Keluarga Kita

Semoga kami bisa menjadi teman seperjalanan yang asik untuk para orangtua. Silakan berkeliling, selamat membaca :)

Add comment