7 Fakta tentang Makanan Manis

7 Fakta tentang Makanan Manisfeatured

Apakah tubuh kita perlu makanan manis? Untuk bergerak dan melakukan aktivitas, tubuh kita perlu energi. Energi didapat dari makanan yang mengandung karbohidrat, di mana gula dan makanan manis masuk di dalam kategori ini. Dari mana sumber makanan manis itu? Sumber makanan manis terbaik adalah dari makanan yang berasal dari tumbuhan (alami, bukan pabrikan), seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang sebenarnya sudah mengandung gula alami yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bergerak dan berpikir.

Berikut ini fakta tentang makanan manis seperti cupcake, permen, coklat yang banyak dijual di pasaran.

1. Dibuat untuk menarik perhatian kita sehingga kita ingin (membeli dan) memakannya.

2. Dibuat untuk memanjakan rasa lidah kita, bukan memenuhi kebutuhan asupan gizi tubuh. Hal ini tidak efektif untuk kesehatan tubuh.

3. Membuat cepat kenyang, akibatnya kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan asupan yg lbh bermanfaat buat tubuh spt protein, vitamin, dan mineral yang berasal dari makanan sehat lainnya (telor, ayam, buah, sayur).

4. Memberikan kontribusi besar untuk bikin kita kelebihan berat badan (obesitas), kekurangan gizi karena kenyang dari makanan manis, padahal belum menerima sumber gizi lain (protein, vitamin, mineral).

5. Gigi berlubang dan rusak akibat asam yang berasal dari bakteri yang tumbuh di makanan manis/gula.

6. Lebih mudah terkena diabetes

7. Makanan manis bukan tidak boleh sama sekali dikonsumsi, prinsip utamanya adalah batasi asupan makanan manis yang berasal dari pemanis buatan. (Irma Hidayana, MPH)

 

About the author

Keluarga Kita

Semoga kami bisa menjadi teman seperjalanan yang asik untuk para orangtua. Silakan berkeliling, selamat membaca :)

Add comment