3 Asupan Penting untuk Kebutuhan Nutrisi Anak

3 Asupan Penting untuk Kebutuhan Nutrisi Anakfeatured

Untuk anak kita, masakan rumahan adalah asupan terbaik sebab ibu atau anggota keluarga lain yang memasaknya pasti membubuhinya dengan bahan-bahan yang aman, jauh dari zat pengawet dan olahan kimia dari pabrik dan tentu saja memasaknya dengan penuh kasih sayang :)

Anak perlu mendapatkan asupan dari menu seimbang yang berasal dari bahan alami seperti:

1) Zat pembangun.

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan. Karenanya anak-anak memerlukan asupan makanan yang menunjang kebutuhan sel-sel pertumbuhannya dan organ-organ tubuhnya agar berkembang dengan optimal. Sumber pembangun banyak diperoleh dari protein hewani seperti ayam, daging, ikan, telor (terutama bagian putih telor), dll. Zat pembangun juga bisa didapat dari kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang tanah, kacang polong, kacang panjang dll. Sumber makanan ini mendukung proses pertumbuhan anak secara umum.

2) Sumber tenaga.

Anak-anak banyak melakukan aktivitas, seperti bermain, olah raga dan lain2. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, jagung, kentang, ubi-ubian membantu memenuhi kebutuhan yang diperlukan anak.

3) Zat pengatur (sayur dan buah).

Anak-anak senang bertemu temannya dan bermain di mana saja. Tak jarang mereka bermain di tempat yang kurang higienis atau terekspos virus, dll. Asupan aneka ragam buah dan sayur di mana di dalamnya terdapat banyak sekali vitamin, enzim serta mineral yang diperlukan tubuh anak untuk tetap sehat & menghalau berbagai macam penyakit.

About the author

Keluarga Kita

Semoga kami bisa menjadi teman seperjalanan yang asik untuk para orangtua. Silakan berkeliling, selamat membaca :)

Add comment